Pages

RPP IPA KELAS V (FOTOSINTESIS)

Senin, 21 November 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                           Sekolah               : SDN Cibinong 03
                                           Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam
                                           Kelas/Semester    : V (lima)/I (satu)
                                           Alokasi Waktu    : 2 x 35 Menit

Standar Konpetensi    :
Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar      :
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
Indikator   :
1.      Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis.
2.      Menjelaskan hasil pembuatan makanan pada tumbuhan dan tempat menyimpannya.
A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi cara tumbuhan hijau membuat makanan, siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis sebagai proses pembuatan makanan pada tumbuhan.
2.      Setelah menyaksikan contoh gambar yang diberikan guru tentang bahan-bahan pembuatan makanan pada tumbuhan, siswa dapat menyebutkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan.
3.      Setelah menyaksikan animasi video tentang fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat.
4.      Setelah menyaksikan animasi video tentang fotosintesis, siswa dapat menyebutkan hasil dari proses fotosintesis.
5.      Setelah menyaksikan animasi video tentang pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis pada tumbuhan hijau, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah dalam pembuktian pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis.
6.      Setelah menyaksikan contoh gambar yang diberikan guru tentang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan, siswa dapat menyebutkan tempat-tempat dimana tumbuhan menyimpan cadangan makanannya dan memberikan contohnya.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan Perhatian (Respect), Tekun (Dilligence), Aktif (Active), Tanggungjawab (Responsibility), Ketelitian (Carefulness).
B.       Materi Pembelajaran 
Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan bahan-bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah air dan karbondioksida. Tumbuhan mengambil air tersebut dengan cara menyerapnya dari dalam tanah. Bagian tubuh tumbuhan yang bertugas untuk menyerapnya adalah akar. Khususnya rambut akar. Rambut akar mempunyai bentuk yng halus sehingga mudah menyusup ke dalam sela-sela tanah. Air yang diserap oleh rambut akar naik ke batang melalui pembuluh kayu atau pembuluh tapis. Kemudian air disebarkan keseluruh bagian tumbuhan. 
Karbondioksida dari udara masuk ke tubuh tumbuhan melalui stomata (mulut daun) dan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terdapat dipermukaan daun bagian bawah. Lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat di batang. 
Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan cahaya sebagai sumber tenaga atau energi. Energi cahaya yang mengenai daun diserap oleh klorofil. Pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade. Di dalam kloroplas terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil merupakan zat warna hijau pada tumbuhan. Energi dari cahaya digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa (karbohidrat) dan oksigen. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis. 

A. Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau 
1. Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan.

Perhatikanlah gambar penampang daun di atas. Gambar di atas merupakan penampang daun yang diperbesar. Perhatikanlah bahwa pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade. Di dalam kloroplas terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Tunjukkanlah mana bagian sel itu! Klorofil berperan pada proses pembuatan makanan yang berlangsung di daun. Selain klorofil, untuk membuat makanan tumbuhan juga memerlukan karbondioksida, air, dan sinar matahari. Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama fotosintesis. Secara singkat, proses fotosintesis dapat di lihat pada gambar berikut ini.

Hasil fotosintesis lainnya, yaitu glukosa yang merupakan zat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh tapis. Pada tumbuhan, glukosa ini digunakan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian disimpan sebagai timbunan makanan. 

B. Tumbuhan Hijau Sebagai Sumber Makanan Manusia dan Hewan Proses fotosintesis menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Makanan ini sebagian digunakan oleh tumbuhan itu sendiri dan sisanya dibawa ke bagian tubuh lain. Manusia dan hewan secara langsung ataupun tidak langsung bergantung pada tumbuhan hijau untuk memperoleh makanan. Daun, batang, buah, biji, dan umbi merupakan bagian dari tumbuhan yang digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan. 
  • Akar . Akar merupakan bagian pada tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah. Air dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan diserap oleh akar dari dalam tanah. Tumbuhan yang akarnya dijadikan bahan makanan, contohnya adalah singkong, wortel, bengkoang, dan lobak.
  • Batang. Selain akar, pada bebrapa tumbuhan batang dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya sebagai bahan makanan adalah tebu, sagu, dan enau. Pada beberapa tumbuhan bagian batangnya ada yang berubah fungsi menjadi umbi batang, contohnya kentang dan ubi jalar.
  • Daun.  Bayam dan kangkung merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya sebagai bahan makanan. Selain bayam dan kangkung, tumbuhan lain yang juga dimanfaatkan daunnya sebagai bahan makanan adalah melinjo dan selada. 
  • Buah.  Jeruk, apel, mangga, pepaya, dan pisang merupakan jenis tumbuhan yang buahnya dapat langsung dimakan oleh kita tanpa harus diolah terlebih dahulu. Namun demikian, beberapa jenis tumbuhan lain yang dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan tidak dapat dimakan langsung, seperti terong dan labu siem. 
  • Bunga. Tumbuhan yang bunganya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan antara lain adalah kol atau kubis dan bawang. Di dalam bunga banyak terkandung mineral dan vitamin.
  •  Biji. Nasi yang berasal dari beras merupakan makanan pokok yang sehari-hari kita makan. Selain itu, di Indonesia makanan pokok lainnya adalah jagung dan gandum. Beras, jagung, dan gandum merupakan biji-bijian yang merupakan sumber karbohidrat. Tumbuhan lain yang bijinya dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang panjang.
Berdasarkan tempat menyimpan cadangan makanannya, tumbuhan dikelompokkan   menjadi empat, yaitu:
a.       Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam umbi
Contohnya : kentang, singkong, ubi jalar, wortel, talas, bawang merah.
b.      Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam buah
Contohnya : mangga, avokad, pepaya, jeruk, apel, nanas, pisang, durian, anggur.
c.       Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam biji
Contohnya : kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah.
d.      Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang
Contohnya : tebu dan sagu.
C.      Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan inkuiri
Ø  Ceramah
Ø  Demonstrasi
D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (10 menit)
Motivasi : Guru bertanya kepada siswa. (1) Pernahkah kalian duduk di bawah pohon yang berdaun lebat ? (2) Pernahkah kalian duduk di bawah pohon yang daunnya sedikit ? Bagaimana rasanya ketika duduk di bawah pohon yang berdaun lebat dan berdaun sedikit ? Apakah ada perbedaannya ?
Jawaban yang diharapkan : Duduk di bawah pohon yang berdaun lebat terasa lebih sejuk dibandingkan dengan duduk di bawah pohon yang daunnya sedikit.
Memunculkan masalah : Guru bertanya kepada siswa “Kenapa ketika duduk di bawah pohon yang berdaun lebat terasa lebih sejuk ? Padahal sama-sama duduk di bawah pohon.” Guru kemudian menggali dugaan sementara (hipotesis) dari siswa.
2.      Kegiatan inti (45 menit)
& Eksplorasi
@ Siswa diminta maju ke depan untuk memeragakan kejadian yang disajikan dalam motivasi, yaitu siswa membayangkan saat berteduh di bawah pohon dengan alat payung sebagai pohon dan sinar senter sebagai cahaya matahari.
@ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan memperhatikan setiap gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
& Elaborasi
@ Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
@ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
@ Guru menyajikan berbagai macam gambar hasil cadangan makanan pada tumbuhan dan menugasi siswa untuk mengelompokkan gambar-gambar tersebut ke dalam satu kelompok yang sesuai tempat penyimpanannya.
@ Guru bersama siswa menyanyikan lagu “fotosintesis” untuk memperdalam pemahaman siswa.
& Konfirmasi
@ Guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa disertai pemberian penguatan.
@ Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran.
3.      Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes kepada siswa yang ada hubungannya dengan materi pelajaran yang telah dipelajari.
·         Guru memberikan pekerjaan rumah untuk siswa.
E.       Sumber dan Alat Pembelajaran
Ø Sumber materi : Buku Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V (Lima)
Penyususn : Haryanto
Penerbit : Erlangga
Halaman : 42 – 47
Ø  Alat  yang digunakan selama pembelajaran :
-          Payung (Memeragakan masalah dari motivasi);
-          Laptop dan LCD;
-          Gambar penampang melintang daun;
-          Gambar klorofil dan kloroplas;
-          Gambar pembuluh kayu/pembuluh tapis;
-          Gambar bahan-bahan yang diperlukan dalam fotosintesis (air, karbondioksida, matahari, klorofil);
-          Gambar hasil proses fotosintesis (karbohidrat, oksigen);
-          Gambar skema proses fotosintesis;
-          Video proses terjadinya fotosintesis;
-          Video proses pembuktian pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis;
-          Gambar hasil cadangan makanan pada tumbuhan (umbi, buah, biji, batang).
F.       Evaluasi
Ø  Jenis alat evaluasi : tes tertulis
Ø  Bentuk alat evaluasi : 10 soal pilihan ganda (terlampir)
Cibinong, 22 November 2016
Guru


Agena Saragih
NIM : 196004081981122003


TES EVALUASI
Nama         :
No Absen  :
Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1.        Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari disebut . . .
a.         Pertumbuhan                                                 c. Fotosintesis
b.    Perkembangan                                                  d. Sintesa makanan
2.        Zat hijau daun yang berguna pada proses pembuatan makanan pada tumbuhan adalah . . .
a.    Klorofil                                                            c. Batang
b.    Akar                                                                 d. Daun
3.        Pada proses pembuatan makanan, tumbuhan memerlukan bahan-bahan berikut, kecuali....
a.    Cahaya                                                                        c. Karbondioksida
b.    Karbohidrat                                                      d. Air
4.        Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis digunakan oleh manusia dan hewan pada proses . . .
a.    Pencernaan                                                      c. Pernapasan
b.    Pengeluaran                                                      d. Peredaran darah
KUNCI JAWABAN TES EVALUASI
1. C
2. A
3. B 
4. C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS